Selasa, 16 Juni 2009

Agar Bisa lebih Memahami


(Katanya di tahun ketiga pernikahan akan banyak masalah yang timbul karena komunikasi-- hope it not happened to my household live.. and this article dedicated to couple, so they'll love each other ever after -bweeeh so romantic)



John Gray berkisah dalam serial bukunya : Men are from Mars Women are from Venus. Dahulu kala, orang Mars berjumpa dengan orang Venus. Mereka lalu jatuh cinta dan menjalin hubungan yang membahagiakan karena mereka saling menghormati dan menerima perbedaan-perbedaan antar mereka. Kemudian mereka tiba di Bumi dan mulai menderita amnesia. Mereka lupa bahwa mereka berasal dari planet yang belainan.


Sejak awal, kata Gray, pria dan wanita memang memiliki akar yang berbeda, sehingga memiliki sifat-sifat yang, tidak saja berlainan, tetapi juga sering bertolak belakang, khususnya berkaitan dengan perilaku mereka dalam berkomunikasi dan menjalin relasi. Adanya perbedaan-perbedaan tersebut, repotnya, jarang dipahami oleh para pria dan wanita dan kerap menimbulkan konsekuensi yang tidak menyenangkan bagi hubungan antar mereka. Yaitu sering terjadi penangkapan maksud yang tidak tepat, alias salah paham, yang bisa berujung pada terjadinya perselisihan dan pertengkaran, bahkan perpisahan. Oleh karenanya, Gray menekankan agar kita perlu untuk memahami perilaku dan sifat-sifat dari pasangan masing-masing agar dapat menjaga keutuhan cinta dan keharmonisan hubungan.



Pria diibaratkan sebagai orang Mars, planetnya si Dewa Perang. Maka nilai-nilai kehidupan yang mereka anut pun tidak jauh dari itu. Pria menghargai kekuasaan, keterampilan, efisiensi dan prestasi. Mereka senantiasa melakukan apapun untuk membuktikan diri dan mengembangkan kemampuan serta keterampilan mereka. Harga diri dirumuskan melalui kemampuan mereka dalam mencapai hasil-hasil. Mereka mengalami kepuasan terutama melalui sukses dan prestasi.Maka jangan heran bila pria cenderung tidak suka dikoreksi atau diberitahu apa yang harus dilakukannya. Itu akan sangat melukai harga dirinya. Menawarkan nasihat yang tidak diminta kepada seorang pria berarti menganggap ia tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau bahwa ia tak dapat melakukannya sendiri.



Ini berbeda dengan wanita, si orang Venus, planetnya Dewi Kecantikan. Kehidupan mereka selalu dipenuhi dengan penghargaan atas cinta, komunikasi dan hubungan. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk memberi dukungan, menolong dan saling melayani. Makna diri mereka ditentukan melalui perasaan dan mutu hubungan-hubungan mereka. Mereka mengalami kepuasan karena berbagi dan berhubungan.Makanya tak aneh bila wanita lebih senang berkumpul, membangun kebersamaan, bermasyarakat dan bekerjasama penuh cinta. Hubungan-hubungan itu dianggap lebih penting dari pada pekerjaan dan teknologi. Komunikasi merupakan kebutuhan utama. Berbagi perasaan pribadi jauh lebih penting daripada mencapai sasaran-sasaran dan keberhasilan. Berbicara dan berhubungan satu dengan yang lain merupakan sumber rasa puas yang luar biasa.



Perbedaan-perbesaan tersebut seringkali merepotkan Misalnya, karena kebiasaan di Mars yang menjunjung tinggi efisiensi, para pria secara naluriah menawarkan pemecahan masalah apabila wanita membicarakan kesulitan-kesulitannya. Bila wanita membagi perasaan-perasaan kecewanya atau membicarakan kesulitan-kesulitannya, secara keliru pria menganggap wanita sedang mencari nasihat ahli. Maka si pria menjalankan perannya sebagai pemecah masalah dan mulai memberi nasihat. Inilah cara mereka memperlihatkan cinta dan usaha untuk menolong.Ia ingin menolong si wanita supaya dapat menyelesaikan kesulitan-kesulitannya. Si pria ingin dirinya bermanfaat bagi si wanita. Pria merasa ia dapat dihargai dan kemudian layak mendapatkan cinta si wanita bila kemampuan-kemampuannya digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah si wanita. Gray mengistilahkan pria sebagai: Tuan Pemberes Masalah Padahal sang wanita tidak membutuhkan itu. Bercerita, berbagi perasaan adalah sesuatu yang biasa dilakukan orang-orang Venus. Dan itu tidak dilakukannnya untuk mencari pemecahan masalah, tetapi lebih kepada mencari dukungan.



Yang dibutuhkan si wanita adalah seseorang yang dapat mendengarkan keluh kesahnya secara empati dan penuh minat. Dan bisa ditebak, si pria akhirnya kecewa dan terpukul karena pemecahan-pemecahan yang ditawarkannya tidak membuat si wanita lebih baik. Begitupun dengan wanita. Orang-orang Venus dikenal sangat intuitif. Memberi nasihat dan saran-saran merupakan tanda kasih sayang. Naluri mereka ialah ingin memperbaiki segala sesuatu. Apabila mereka menaruh perhatian kepada seseorang, dengan leluasa mereka menunjukkan apa yang dapat diperbaiki dan menyarankan bagaimana melakukannya. Menawarkan nasihat dan kritik secara membangun merupakan tindakan cinta kasih. Gray menyebut wanita sebagai: Panitia Perbaikan Rumah.Maka ketika seorang wanita bertemu dengan pria yang menjadi pasangannya, ia akan selalu mencoba untuk memberi nasihat untuk memperbaiki apa-apa yang dirasakannya kurang. Dan ini kerap tidak diterima oleh si pria. Orang-orang Mars menangkap nasihat sebagai ungkapan bahwa dirinya adalah sesuatu yang rusak dan tidak baik, sehingga harus dibetulkan. Sesuatu yang memukul perasaan dan harga dirinya.Bila mendapatkan masalah atau kekecewaan, pria biasanya berhenti berbicara. Ia membutuhkan waktu dan tempat untuk menyendiri, istilah Gray masuk gua, sampai dia mendapatkan alternatif-alternatif pemecahan masalahnya. Wanita, sering merasa bersalah dan diabaikan ketika pria berlaku demikian. Dia ingin membantu, berbagi rasa, tetapi si pria tidak menyukainya.



Sementara wanita sebaliknya. Dia akan mencari teman bicara yang dapat mendengarkan keluh-kesahnya yang kemudian dapat membuat dirinya merasa lebih nyaman. Parahnya lagi, teryata para pria dan wanita memiliki bahasa yang berbeda. Tepatnya, meski kata yang bisa diungkapkan persis sama namun memiliki pengertian yang jauh berbeda. Untuk dapat mengungkapkan perasaan-perasaannya secara utuh, wanita menggunakan berbagai macam superlatif, metafor dan generalisasi. Sementara pria biasanya memahami kata-kata itu secara harfiah, sehingga akan menanggapi dengan cara yang tidak mendukung.Hal-hal seperti ini kerap menimbulkan ketidak enakan dalam hubungan pria-wanita. Padahal bila masing-masing memahami apa yang terjadi, hal tersebut sangat bisa dihindarkan. Gray juga mengatakan bahwa pria memiliki sifat unik, yaitu itu seperti karet gelang. Secara berkala dia akan merasa perlu menarik diri sebelum dapat lebih mendekat (aku rasa pendapat ini bener banget). Hal itu dapat terjadi sama sekali tanpa alasan. Itu sudah menjadi daur alami para pria. Pria menarik diri untuk memuaskan kebutuhan akan kebebasan atau otonomi. Setelah mulur, secara tiba-tiba ia akan berbalik kembali dengan cinta dan kehangatan yang sama tingkatannya dengan jarak ketika dia menarik diri.Sementara wanita seperti gelombang. Harga diri wanita naik-turun seperti gelombang. Saat mereka senang, ia akan mencapai puncak, tapi suasana hatinya bisa berubah dengan tiba-tiba dan gelombangnya akan terhempas turun. Sebuah penurunan yang bersifat sementara, karena setelah mencapai dasar, tiba-tiba suasana hatinya berubah lagi dan ia kembali merasa senang akan dirinya. Saat gelombang naik, wanita merasa mempunyai cinta yang melimpah untuk diberikan. Tetapi bila gelombang turun, ia merasa kosong hatinya dan harus diisi dengan cinta. Begitu terus. Konon siklus tersebut berlangsung selama 28 harian, atau mengikuti siklus menstruasi.



Perselisihan dapat terjadi ketika si wanita tidak memahami kenapa tiba-tiba si pria menarik diri. Pun terjadi ketika si pria merasa tak dihargai ketika tak mendapat respon yang diinginkan dari si wanita yang sedang berada dalam dasar gelombang. Masing-masing merasa bersalah dan menganggap merekalah penyebab terjadinya hal tersebut. Padahal, kata Gray, kondisi-kondisi tersebut sangat alami, dan tidak selalu disebabkan oleh perilaku pasangan masing-masing, sehinggat tidak perlu ada prasangka yang berlebihan yang bahkan akan menambah keruh suasana. Gray juga mengatakan ada dua belas jenis cinta yang diperlukan pria dan wanita. Masing-masing memiliki enam yang primer. Wanita memerlukan jenis cinta berupa: perhatian, pengertian, hormat, kesetiaan, penegasan dan jaminan. Sementara pria membutuhkan: kepercayaan, penerimaan, penghargaan, kekaguman, persetujuan dan dorongan. Tanpa kesadaran mengenai apa yang penting bagi lawa jenisna, pria daan wanita tidak tahu seberapa jauh mereka melukai pasangannya. Pria dan wanita terutama terluka bila tidak memperoleh jenis cinta primer yang mereka butuhkan. Gray mengatakan, umumnya wanita tidak menyadari cara-cara komunikasi mereka tidak mendukung dan menyakitkan hati pria. Mungkin ia mencoba peka terhadap perasaan-perasaan pria, tetapi karena kebutuhan cinta primer pria berbeda dengan wanita, si wanita tidak bisa mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pria secara naluri.Para pria selalu membayangkan diri sebagai seorang ksatria berbaju zirah berkilauan yang ingin berhasil dalam melayani dan melindungi wanita yang dicintainya. Bila merasa dipercaya ia sanggup memperlihatkan bagian luhur dari dirinya. Ia jadi penuh perhatian. Tetapi bila tidak merasa dipercaya, ia kehilangan sebagian tenaga dan gairah hidupnya, dan setelah beberapa waktu ia berhenti menyayangi.



Pria juga mesti tahu bahwa wanita tidak biasa meminta dukungan. Di Venus, semboyan mereka adalah "Cinta berarti tak pernah meminta!" Wanita menganggap bila pasangannya mencintainya, ia akan menawarkan dukungannya tanpa diminta. Tetapi pria banyak yang tidak menyadarinya. Karena di Mars, apabila anda menginginkan dukungan, anda harus memintanya. Kaum pria tidak secara naluriah terdorong untuk menawarkan dukungan, mereka harus diminta. Namun untuk meminta dukungan dari si pria, si wanita juga harus berhati-hati jangan sampai menggunakan cara-cara yang keliru yang dapat mematahkan semangatnya. Contohnya adalah, jangan terkesan menuntut, karena bila itu dilakukan, betapapun manisnya si wanita merumuskan permintaan itu, yang didengar oleh si pria adalah kesan bahwa ia kurang memberi. Si pria akan cenderung semakin mengurangi pemberiannya, sampai si wanita menghargai apa yang terlah diberikannya.


(Hunny bunny.. hope our communication will get better n better... Iam sorry if sometimes my word imppresed demanding.. thats makes u angry.. honestly.. i love u n will always love u.. more n more..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar